python belajar python dan membuat applikasi python

python belajar python dan membuat applikasi python sgenk.blogspot.com, catatan saya kali ini tentang python belajar python dan membuat applikasi python,semoga sedikit memberikan manfaat buat pembaca

Judul artikel : python belajar python dan membuat applikasi python
Link artikel : python belajar python dan membuat applikasi python

lihat juga


python belajar python dan membuat applikasi python

Tujuan : Di harapkan pembaca / saya pribadi yang tertarik dengan bahasa python, mengenal bahasa python dan mampu membuat applikasi sederhana dengan script python.
Tingkat : Dasar sekale e e
Syarat : Ponsel symbian 0S 2nd ( saya memakai nokia 7610 )
Sumber :
http://www.mobilenin.com

http://dh-kompi.wen.ru/python/pys60/aplikasi-pertama/dengan-python.html

 Python Logo Python untuk S60 adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi turunan dari Bahasa Python. Dengan adanya bahasa pemrograman Python untuk s60, kita dimungkinkan untuk membuat Script sederhana atau bahkan sebuah program yang kompleks. Jadi dengan Python untuk S60, kita bisa membuat program langsung melalui ponsel berbasis Symbian dimanapun dan kapanpun...
Dibawah ini ada beberapa tulisan yang ditujukan untuk mengenalkan bahasa pemrograman Python untuk S60 yang sebagian besar diadopsi dari http://www.mobilenin.com. Dan tentu saja, konten dalam halaman ini sangatlah jauh dari sempurna, bila ada yang salah atau kurang, mohon dimaklumi.
belajar bahasa python lewat ponsel


Sekarang kita akan membuat aplikasi pertama yang sangat-sangat sederhana dan sangat-sangat umum yang biasanya digunakan untuk pengenalan pada bahasa pemrograman, yaitu membuat aplikasi "Halo Bro.. :D".
Untuk membuat atau menampilkan kata sederhana ini, kita bisa menggunakan dua cara dan dua jenis fungsi. Yaitu secara langsung dituliskan pada intepreter atau melalui sebuah file yang dinamakan sebagai script dan menggunakan fungsi yang bernama print atau dengan menggunakan module Python yang bernama appuifw .
Untuk menggunakan fungsi print pada Python, pastikan kalo intepreternya sudah terinstal..! Jalankan lalu pilih menu Interactive Console.
 Python s60 icon
 Python Screen
 Python list menu
Maka akan keluar tampilan console seperti ini..
 Python console
Perhatikan tanda >>> yang berada pada baris paling bawah, tanda itu berarti kalo python sekarang telah siap menerima dan mengeksekusi perintah yang diberikan.
Untuk mencetak kata "hello bro..!" pada layar, kita tinggal mengetikkan perintah print "hellow bro..!" (pake tanda kutip) dan hasilnya akan terlihat seperti ini..
 hellow world
Sangat mudah bukan..?? :D

Sekarang mari kita buat kata "hello bro..!" dengan menggunakan module appuifw yang akan menampilkannya melalui jendela popup. Ketikkan perintah appuifw.note(u"hello bro..!","info") pada console .
 appuifw module
Ups..!!@#%&$$*@ Ternyata gak mau jalan..! :(

Ya, itulah yang dinamakan dengan module, fungsi yang terdapat pada module tidak bisa dijalankan langsung tanpa memanggil atau meload module yang bersangkutan terlebih dulu.. :D
Untuk meload dan menjalankan fungsi yang terdapat dalam module, kita bisa menggunakan perintah yang bernama import . Sekarang ketikkan perintah import appuifw setelah itu coba ketikkan lagi perintah yang tadi yang berbunyi appuifw.note(u"hello bro..!","info")
 import method  note function on appuifw module
 popup result from appuifw module
Akhirnya... ! Kita berhasil menulis dan menjalankan perintah pertama kita.. :D

Nah sekarang mari kita coba untuk menuliskan perintah kita pada sebuah file. Ikuti langkah berikut.. :)
Buka aplikasi editor yang kalian miliki. Disini ara menggunakan aplikasi DED untuk membuat script pertama kita. Buat file baru dan tuliskan perintah seperti diatas pada fungsi print yang berbunyi print "hello bro..!" (masih pake tanda kutip..:D).
 Aplikasi DED  Buat file baru  Tulis perintah python
Kemudian simpan dimanapun kalian suka. ara menyimpannya di root drive E:\ biar gampang nyari-nya..
 Pilih drive untuk menyimpan  Simpan sebagai fila baru
 pilih drive  Tentukan nama lalu simpan
O ia,, ekstensi script Python harus .py agar bisa dijalankan. ara menamainya dengan helo.py. Kemudian buka lagi aplikasi python:>> Option >> Run Script ,pilih filebrowser.py lalu cari script yang barusan kita buat.
 Python menu
 Python script
 Python filebrowser  helo.py
Kalo dah ketemu, tekan enter lalu pilih execfile() , maka program kita akan segera dieksekusi dan python akan segera menampilkan outpunya. Setelah kita pilih execfile() , tekan tombol exit pada softkey sebelah kanan dan lihat, python menuliskan kata "hello bro..!" (kali ini tanpa tanda kutip) pada layar.. :)
 execfile
 hasil eksekusi program python
untuk perintah pada appuifw caranya sama seperti diatas dan sepertinya udah pada bisa, jadi gak usah ditulis ya.. tak kasi screenshotnya aja :D
 Menulis script python
 Menjalankan script python
 popup output
Untuk melihat fungsi-fungsi yang terdapat pada module appuifw, gunakan perintah dir(). Perintah lengkapnya seperti ini dir(nama_module), jadi kalo pengen liat fungsi-fungsi yang ada pada module appuifw perintahnya dir(appuifw). Silahkan dicoba-coba sendiri untuk fungsi yang lain...
Sekian dulu, kalo ada kesalahan mohon bantuannya untuk memperbaiki... :D

Saya ucapkan Terimakasih kepada Ara atas artikelnya


Demikian catatan saya tentang python belajar python dan membuat applikasi python

Catatan python belajar python dan membuat applikasi python, semoga dapat memberikan manfaat.

Anda sedang membaca catatan python belajar python dan membuat applikasi python dan catatan ini url permalinknya adalah http://sgenk.blogspot.com/2010/02/python-belajar-python-dan-membuat_17.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.