cara belajar dasar html dengan cepat

cara belajar dasar html dengan cepat sgenk.blogspot.com, catatan saya kali ini tentang cara belajar dasar html dengan cepat,semoga sedikit memberikan manfaat buat pembaca

Judul artikel : cara belajar dasar html dengan cepat
Link artikel : cara belajar dasar html dengan cepat

lihat juga


cara belajar dasar html dengan cepat

Belajar kode HTML yuuk dari NOL otodidak saja.
Sebelum belajar html .
1. Apakah kita arus tahu dulu, Apakah itu html ?
2. Apa fungsi dan kegunaannya html ?

Sebaiknya sebelum belajar html memang kita harus tahu dulu dua pertanyaan di atas. Tapi menurut saya kalau cuman belajar teorinya saja akan sangat lama untuk mempraktekkannya.
Tapi teori juga sangat penting loh ? untuk dasar melakukan prakteknya, Wooalah malah mbulet saja. okelah langsung saja. kalau buat kita kita para blogger kayaknya harus wajib hukumnya menguasai html ini walaupun sedikit.
Karena untuk membuat wapsite, website, ngeblog dan semua tetek mbengek yang harus di tampilkan di internet hampir semuanya memakai bahasa ini ( html ).
dulu belajarnya lewat ponsel Nokia 3100 doang, tapi terlalu panjang cara penjelasannya. Alhamdullilah sekarang sudah punya PC. Cara belajar html lewat PC ala guuuuuuueeeeee neh. caranya otodidak saja biar cepet pinter, sukur sukur kalau udah ada buku panduannya.
Peralatan yang gue pake. notepad dan browser ( IE atu Opera atau Mozilla ) dan cara belajarnya ga usah online.
caranya semua yang kita ketikkan di notepad kita save dengan ekstensi *.htm atau .*html
Nah kemudian klik dua kali hasil ketikan kamu tadi, maka akan terlihat hasilnya browser kamu, kalau pengen edit tinggal edit file tadi , save. dan kemudian lihat di browser kamu, dan refresh ( tampilkan ulang ) . Maka akan terlihat perbedaanya.
oke contoh sederhana kode kode html:
Cara otodidak gue untuk mengingat biasanya kode html di awali dengan kode
<kode>perintah atau text </kode>
contoh ketikkan kode berikut , dan simpan dengan nama test.html
<html>
<head>
<body>
HALO SELAMAT MALAM
<b>HALO SELAMAT MALAM</b>
</body>
</head>
</html>
Dari contoh di atas : <html> ,<head> ,<body> , <b> adalah di awal pembukaan kemudian di ikuti dengan text "HALO SELAMAT MALAM" yang akan di tampilkan di browser , terus kemudian di tutup dengan tag </b>, </body>,</head>, </html>
lihat urutannya , jangan sampai kebolak balik.
setelah di save, kemudian klik 2 kali. lihat hasilnya :
akan nampak dua kalimat "HALO SELAMAT MALAM" dua, yang satu normal, dan yang satu tebal sebanyak satu baris.
Bagaimana jika ingin jadi 2 baris ? kita tambahkan break kodenya <br/> saja. coba loe edit hasil ketikan kamu tadi, caranya klik kanan file test kamu dan open with pilih notepad. ( browser jangan di tutup).
setelah kebuka , tambahin kode <br/>, boleh beberapa kalidi tambahkan. dan save.
<html>
<head>
<body>
HALO SELAMAT MALAM<br/>
<b>HALO SELAMAT MALAM</b>
</body>
</head>
</html>

setelah itu buka browser kamu tadi dan refresh , nah kemudian lihat hasilnya :
terus kamu coba kombinasikan dengan kode kode di bawah ini:
<p align="center">text nya </p> untuk menampilkan text rata tengah. untuk rata kiri kanan bisa kamu rubah lagi "center" jadi "right" atau "left"
<font color="000000">text yang pengen di warnain </font> kode "000000" ini merupakan warna hitam, bisa kamu ganti huruf atau angka asalkan 6 digit misal "FF00FF" sesukamu (coba coba saja ).
<blink>text berkedip kedip</blink> menampilkan textberkedip
dan sebagainya,, masih buaaaaanyak lagee, pokoknya kalau langsung di praktekin nanti lama lama jadi ngerti sendiri. udah dulu ya ?
Kapan kapan di lanjut lage,


Demikian catatan saya tentang cara belajar dasar html dengan cepat

Catatan cara belajar dasar html dengan cepat, semoga dapat memberikan manfaat.

Anda sedang membaca catatan cara belajar dasar html dengan cepat dan catatan ini url permalinknya adalah http://sgenk.blogspot.com/2009/11/cara-belajar-dasar-html-dengan-cepat.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.