Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm

Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm sgenk.blogspot.com, catatan saya kali ini tentang Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm,semoga sedikit memberikan manfaat buat pembaca

Judul artikel : Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm
Link artikel : Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm

lihat juga


Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm



Mengapa  Harus Belajar Akuntansi ?
Padahal Kan saya kan Jurusan MI (Pengenya sih Cuma belajar program, program dan program).
 pernah saya tanyakan hal tersebut kepada dosen .
Kata Bu Dosen Yang cantik “Kebanyakan di luar sana ( Maksudnya di dunia Kerja ) kebanyakan program yang di butuhkan adalah tentang akuntansi, Nah bagaimana kalian bisa membuat program akuntansi kalau kalian tidak tahu Alur – alur akuntansi “.
Tapi kalau di pikir pikir memang benar juga ya kata Bu Dosen, Okelah kalau begitu,, okelah kalau begithu, Okelah Gue Pelajarin, Okelah kita belajar, Okeeeee  ?
Sekarang mencoba belajar tentang  Perusahaan Dagang :

Perusahan Dagang (mercendashing Firm )
Adalah Perusahaan yang kegiatan usahanya membeli dan menjual barang dagangan tanpa melakukan perubahan apapun.

Dalam proses pencatatan akuntansi perusahaan Dagang pada umumnya menggunakan jurnal khusus.
Jurnal Khusus
Yaitu Jurnal Yang di gunakan untuk mencatat transaksi sejenis
Ø  Jurnal penjualan (sales Journal)
yaitu  Jurnal yang di gunakan untuk mencatat  penjualan barang dagang dengan syarat kredit atau penjualan yang menimbulkan hak tagihan kepada pelanggan.
Ø  Jurnal Pembelian ( Purchasing Journal )
yaitu Jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat pembelian barang dengan syarat kredit.
Ø  Jurnal Penerimaan Kas ( Cash receipt  journal)
Yaitu Jurnal yang digunakan untuk mencatat seluruh penerimaan kas baik dari debitur , bunga , sewa, penjualan tunai , dll.
Ø  Jurnal Pengeluaran Kas ( Cash Disbursement  Journal )
Yaitu jurnal yang digunakan  untuk mencatat  pengeluaran kas , membayar hutang, gaji, pembelian tunai,  dll.

Akuntansi  Penjualan
Contoh transakai akuntansi penjualan secara tunai ;
>>> Menjual barang ecara tunai seharga  Rp 500.000,-
Kita catat dalam buku jurnal penerimaan kas :
Kas Rp 500.000,- (Debet)
Penjualan Rp 500.000,- (Kredit)

Contoh transaksi penjualan secara kredit  ;
>>> Menjual barang dagangan dengan syarat penjualan 2/10;n30 seharga Rp.500.000,-
Kita catat di dalam buku Jurnal Penjualan :
Piutang dagang     Rp 500.000,- (Debet)
Penjualan        Rp 500.000,- (kredit)

Contoh Transaksi Retur penjualan Tunai
>>> Barang dagang yang di jual tunai di kembalikan seharga Rp 100.000,-
Transaksi di atas kita catat dalam buku jurnal Pengeluaran kas ;
Retur Penjualan  Rp 100.000,- (Debet)
Kas        Rp 100.000,- (Kredit)

Contoh Transaksi Retur penjualan secara kredit ;
>>> Barang dagang yang di jual krdit di kembalikan seharga Rp 100.000,-
Transaksi di atas kita catat di Jurnal Umum;
Retur Penjualan   Rp 100.000,- (Debet)
Piutang dagang       Rp 100.000,- (Kredit)

Contoh transaksi Potongan penjualan tunai
>>> Dijual barang dagang secara tunai Tunai seharga Rp. 1.000.000,- dengan diskon 10%
Di catat dalam buku penerimaan kas :
Kas   Rp. 900.000- (debet)
Potongan Penjualan  Rp. 100.000,- ( debet)
Penjualan  Rp. 1.000.000,- (kredit)

Contoh transaksi Potongan penjualan kredit;
>>> Menerimapelunasan piutang dagang sebesar Rp. 1.000.000,- dan ada potongan penjualan 10%
Kita catat dalam Buku Penerimaan kas;
Kas   Rp. 900.000- (debet)
Potongan Penjualan Rp. 100.000,- ( debet)
Piutang dagang   Rp. 1.000.000,- (kredit)

Kok gampang banget sih contohnya ???
Namanya juga contoh,, pasti yang gampang  gampang,, kalau soal beneran atau udah terjun ke dunia akuntansi ??? ga kebayang deeeehhh Bisa Gundul gundul pacul,, heeee   heee heee


Sekarang Membahas Tentang akuntansi  Pembelian sekilas saja, cuman sebagai pengingat thokk
Jurnal akuntansi pembelian umumnya ada 6 yaitu ;
·         Jurnal penjualan Tunai
·         Jurnal Pembelian kredit
·         Jurnal Retur pembelian tunai
·         Jurnal Retur pembelian kredit
·         Jurnal Potongan pembelian tunai
·         Jurnal potongan pembelian kredit

Nah cukup sekilas doang kan ? kalau di ketik sama contohnya juga jempol jariku bisa kriting neh,, lagian juga ponsel udah berteriak “ Low Batteray”.
Sedikit lagi nih,, nanggung ; >>>

Rekapitulasi Jurnal Khusus
Adalah Penjumlahan secara global angka angka  dalam kolom masing masing jurnal Khusus serta menetapkan kelompok yang di debet atau di Kredit
Tujuan
>>mempermudah pemindahbukuan dari jurnal khusus ke Buku Besar.
>> Menentukan Jumlah-jumlah yang baru di posting.
>>Menghindari kesalahan dari jumlah yang di posting.
>> Menjamin Kebenaran akun yang di posting.

Cara membuat Rekapitulasi Jurnal Khusus
>>Menjumlahkan nilai uang yang terdapat dalam jurnal Khusus.
>>Tentukan perkiraan Yang di Debet atau yang di kredit.
>>Memeriksa keseimbangan jumlah Debet dan kredit di masing maing Jurnal khusus .

Buku Besar Pembantu
Adalah buku besaryang merinci saldo dari buku besar utama.
Ada 4 macam yaitu : Buku Besar pembantu  Piutang, utang , Persediaan dan Aktiva tetap

Nah sekarang sampai pada Laporan Keuangannya
Biar tetep nempel di otak, gue hafalin aja nih rumusnya :
Rumus
HPP = Pers Awal + Pemb bersih  - Pers Akhir

Laba kotor = Penjualan bersih – HPP

Jika  selisih pnjualan bersih > HPP = Laba
Jika  sebaliknya                                 = Rugi

Nah sekian dulu belajar saya tentang akuntansi Perusahaan dagang, Semua Yang saya pelajari di atas bersumber dari :
Modul Praktrek Dasar Akuntansi Pertemuan 5 , BSI 2010.
Semoga dengan mengetik ulang dan mempelajarinya kembali , benar benar bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi pembaca pada umumnya, akhirnya Wabilahi Taufiq wal Hidayah , Assalamu,alaikum warahmatullahhi wabarakatuh.,,,,,,
Lah kok jadi pidato begini,,???
 



Demikian catatan saya tentang Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm

Catatan Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm, semoga dapat memberikan manfaat.

Anda sedang membaca catatan Akuntansi Perusahaan Dagang Merchandising Firm dan catatan ini url permalinknya adalah http://sgenk.blogspot.com/2010/01/akuntansi-perusahaan-dagang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.