-->

belajar linux administrations

belajar linux administrations sgenk.blogspot.com, catatan saya kali ini tentang belajar linux administrations,semoga sedikit memberikan manfaat buat pembaca

Judul artikel : belajar linux administrations
Link artikel : belajar linux administrations

lihat juga


belajar linux administrations

Yuk belajar linux.
http://sgenk.blogspot.com dalam hal ini ane hanya mempelajari linux CentOS hanya di dalam lab kampus aja, tapi ane sebenernya juga udah pernah install Ubuntu 10.10 di lepi ane, tapi ane udah unnistall, tapi ntar kalo ada waktu ane mau install lagi OS nya, ane rasa bagus buat belajar.
Ane pake windows7 enterprise di drive C:
klo ane install Ubuntu 10.10
di drive C: juga bisa ga ya ? Crash ga ya ?
Tolong di bantu yak ??
Sedikit pengetahuan ane yang udah ane pelajari ama Ibu MRT ;
Linux merupakan sistem operasi dgn kemammuan multi user, multi tasking dan bersifat free seperti yang tertuang dalam lisensi GNU GPL.
Salah satu perbedaan antara Windows vs linux misalnya untuk menunjukan keberadaan lokasi file ;
windows > D:\folder\folder\file.txt
Linux > D:/folder/folder/file.txt
Dimana bedanya ?
Penggunaan slash / di linux.
Sedangkan backslash \ di windows.
Di system linux juga case sensitive;
D:/folder/folder/file.txt berbeda dengan D:/Folder/Folder/file.txt
yaitu huruf BESAR berbeda dengan huruf kecil.

Sistem file LINUX mempunyai bentuk susunan hirarki / tree.

/ Root
/ Bin
/ Tmp
/ spool
/ Sbin
/ Usr
/ Dev
/ Etc
/ Home
/ User_baru (biasanya kita buat disini )
/ Boot

Puncaknya adalah Root, simbolnya / dan merupakan Administrator yang memiliki hak akses penuh dan pada user root, kita dapat membuat user akun baru.
Root punya banyak cabang dengan direktori standar, yang berarti nama nama direktori tsb dikenal semua system LINUX.

Direktori dan kegunaan pada system linux ;
/ adalah direktori yang berguna menampung seluruh file yg terdapat dalam sistem linux.
/ bin adalah direktori yang berisi file yang langsung dapat di jalankan CONTOH : Login, editor vi, gzip, unzip.
/ boot adalah direktori yang berisi file file yang digunakan saat linux melakukan booting.
/ dev adalah direktori yang berisi file file dari hardware yang dimiliki oleh komputer.
Contoh : /dev/fd0 untuk floppy, /dev/cdrom untuk CDROOM.
/ etc adalah direktori yang berisi file untuk mengkonfigurasi linux. Contoh passwd.
/ lib adalah direktori yang berisi file library yg di perlukan oleh program root.
/ tmp adalah direktori yang berisi file sementara.
/ usr adalah direktori yang berisi file yang dapat di jalankan oleh semua user.
/ sbin adalah direktori yang berisi file yang hanya dapat dijalankan oleh root. Contoh :shutdown, reboot.
/ home ini menyimpan semua user akun yang ada di system.

Tampilan konsol

[root@localhost~]#

root = user account.
localhost = host name.
~ = direktori.
# = prompt Shell.

Keterangan tambahan.
Jika user berada di root simbol prompt shell adalah #.
Namun jika user berada di account simbol promt shell adalah $.
Misal user sgenk berada di account, maka tampilan promt shell nya sbb:
[sgenk@localhost~]$

mohon di koreksi bila salah.
terimakasih dah baca, smoga bermanfaat.
Sumber : modul linux administrations pert 1.


Demikian catatan saya tentang belajar linux administrations

Catatan belajar linux administrations, semoga dapat memberikan manfaat.

Anda sedang membaca catatan belajar linux administrations dan catatan ini url permalinknya adalah http://sgenk.blogspot.com/2011/12/belajar-linux-administrations.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

3 Responses to "belajar linux administrations"

  1. terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  2. 2018 ford fusion energi titanium
    2018 ford fusion t fal titanium pan energi titanium. by Alexandre de Vries · Cited by 22 — For df titanium nail fusion titanium suppressor energi titanium is a metal titanium connecting rod structure for producing powerful, but not so remmington titanium powerful.

    ReplyDelete

Terimakasih komentarnya sobat, saya akan segera membalas komentarmu dan mengunjungi url mu