perintah dasar linux administrator

perintah dasar linux administrator sgenk.blogspot.com, catatan saya kali ini tentang perintah dasar linux administrator,semoga sedikit memberikan manfaat buat pembaca

Judul artikel : perintah dasar linux administrator
Link artikel : perintah dasar linux administrator

lihat juga


perintah dasar linux administrator

Tujuan : Hanya ingin mencatat saja di sini, supaya ane tidak lupa, dan siapa tau bermanfaat juga bagi pembaca.
Tingkat : Dasar.
Peralatan : PC atau Laptop dengan SO Linux.
Pembahasan : Membuat user account di linux CentOs lewat terminal konsol.

Dekstop > kl1k kanan > open terminal.

Perintah perintah dasar linux lewat terminal atau ane bilang konsol, atau kalau di windows command prompt kalau di hape ?? Apa ya ?
Kalau menurut ente apa ?

Langsung saja crot >>>>

Pindah ke user root
[sgenk@localhost~]$su -l
[root@localhost~]#

membuat user baru adduser nama_user
[root@localhost~]#adduser sgenk

membuat passwordnya passwd nama_user
[root@localhost~]#passwd sgenk
New unix password : ad56at
Retype new password : ad56at

masuk ke user accountsu nama_user
[root@localhost~]#su sgenk
kalau udah masuk, konsol berubah jadi
[sgenk@localhost root]$
kita sudah berada di user sgenk, tapi masih di direktori root, disini kita tidak bisa menambahkan direktori atau file baru di dalammya.

Masuk ke user direktori Change Dir cd
[sgenk@localhost root]$cd
akan menjadi
[sgenk@localhost ~]$

melihat direktori yang sedang aktif pwd
[sgenk@localhost ~]$pwd
akan tampil
/home/sgenk

Perintah perintah shell di linux
Bentuk Umumnya adalah :
perintah [pilihan...] [argumen...]
¤ antara perintah dan pilihan harus ada spasi.
¤ antara perintah dan argumen harus ada spasi.
¤ tanda [] berarti pilihan dan argumen tidak harus selalu ada.
¤ tanda titik tiga ... berarti pilihan dan argumen bisa lebih dari satu
¤ setiap perintah linux bersifat CASE Sensitif.
¤ setiap pengetikan perintah selalu di akhiri dengan menekan tombol enter.

date menampilkan hari, bulan, tanggal, jam, dan tahun
[sgenk@localhost~]$date

cal menampilkan kalender bulan sekarang.
[sgenk@localhost~]$cal

cal menampilkan kalender selama tahun yg disebutkan selama setahun.
[sgenk@localhost~]$cal 2011

mkdir make directory / membuat direktori baru
[sgenk@localhost~]$mkdir latihan

cd change directory / berpindah dari folder satu ke foler yang lainnya. $cd hanya turun ke direktori 1 tingkat
[sgenk@localhost root]$cd
jadinya
[sgenk@localhost~]$

cd nama_dir_tujuan berpindah ke direktori tujuan.
[sgenk@localhost~]$cd latihan
jadinya
[sgenk@localhost latihan]$

cd .. naik 1 tingkat ke direktori di atasnya.
[sgenk@localhost latihan]$cd ..
jadinya
[sgenk@localhost~]$

Prompt shell menampilkan list:
ls list menampilkan file atau direktori.
Bila teks berwarna biru = direktori.
Bila teks berwarna hitam = file.
[sgenk@localhost~]$ls

ls -l menampilkan file atau direktori beserta attributnya.
Attributnya = file, ukuran, tanggal modifikasi, pemilik, dan group.
[sgenk@localhost~]$ls -l

ls -a menampilkan semua file termasuk file yang di hidden.
File yang di sembunyikan akan tampil di awali dengan simbol titik (.)
[sgenk@localhost~]$ls -a

ls -f menampilkan semua file tanpa proses pengurutan.
[sgenk@localhost~]$ls -f

ls -F menampilkan file dan direktori dengan simbol penanda di setiap masing2nya.
[sgenk@localhost~]$ls -F

ls -R menampilkan isi sub direktori.
[sgenk@localhost~]$ls -R

sumber : modul linux adminstrations
Mohon di koreksi jika salah.


Demikian catatan saya tentang perintah dasar linux administrator

Catatan perintah dasar linux administrator, semoga dapat memberikan manfaat.

Anda sedang membaca catatan perintah dasar linux administrator dan catatan ini url permalinknya adalah http://sgenk.blogspot.com/2011/12/perintah-dasar-linux-administrator.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.